After Report Webinar Internship Preparation 2024 – Bekal Persiapan Magang Mahasiswa

HMPBD FEB UNESA 2024, SURABAYA. Pada tanggal 27 hingga 28 Mei 2024, Himpunan Mahasiswa Program Studi Bisnis Digital (HMPBD) Universitas Negeri Surabaya memiliki webinar yang akan sangat bermanfaat bagi Mahasiswa Prodi Bisnis Digital: Webinar Internship Preparation. Webinar ini merupakan sebuah program kerja dari Advocacy and Student Welfare Departement yang didesain untuk membantu menyiapkan Mahasiswa Prodi Bisnis Digital khususnya angkatan 2022 agar sukses dalam magang mendatang. Webinar yang dilaksanakan pada saat menjelang Ujian Akhir Semester (UAS) tersebut memiliki tema “Ciptakan Peluang Magang Bergengsi di Era Society 5.0”. Maksud dari tema ini yaitu di Era berkembangnya zaman kita perlu menyiapkan beberapa hal untuk menghadapi persaingan magang mendatang, karena syarat dan ketentuan untuk magang pasti sudah berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya, dan kenapa 5.0? karena ini merupakan kelanjutan dari konsep “society 4.0,” pada era ini lebih fokus ke Revolusi Industri yang mengacu pada penggunaan teknologi digital dan otomatisasi dalam industri dan manufaktur. Melanjutkan hal tersebut, yaitu society 5.0, sekarang sudah saatnya mengambil langkah lebih jauh dengan mengintegrasikan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari masyarakat secara menyeluruh. Arti dari era society 5.0 ini juga seperti sebuah konsep dimana masyarakat saat ini yang berpusat pada manusia dan berbasis teknologi. Jadi kita menyiapkan para mahasiswa untuk menyongsong pandangan kedepannya. Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua hari dengan materi dan pemateri yang berbeda, yang sudah pasti akan sangat menarik dan bermanfaat untuk mahasiswa.

Day One: Pembukaan Webinar

Pada hari pertama peserta dan panitia terlihat sangat excited karena acara yang sudah dinanti akhirnya terlaksana. Seperti acara pada umumnya, webinar dimulai dengan pembukaan dan sambutan – sambutan, yang dimana kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 dan dibuka oleh MC lalu sambutan – sambutan dari Ketua Pelaksana Advocacy and Student Welfare Departemen Nur Aini Fadillah, dilanjut sambutan yang kedua oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Prodi Bisnis Digital, saudara Mikail Ahmad Fa’iq Al-Fattah, dan yang terakhir dilanjutkan sambutan yang ketiga yang disampaikan oleh Pendamping Ormawa, yaitu bapak Muhammad Fajar Wahyudi Rahman, S. E., M. M., sekaligus menjadi pembuka dari acara Webinar Internship Preparation 2024.

Penyampaian Materi Day One

Setelah acara pembukaan, rangkaian acara selanjutnya langsung dilaksanakan sesuai dengan rundown yang sudah disiapkan. Pemaparan materi pada hari pertama ini membahas mengenai LinkedIn dan CV, materi ini dipaparkan oleh seorang yang sudah ahli berpengalaman dalam bidang LinkedIn dan CV yaitu bapak Candra Arief S, beliau merupakan seorang Enterpreneur Profesional Soft Skill Coach yang memiliki banyak pengalaman dan jabatan yang masih berjalan sampai sekarang seperti Founder of IDE Learning, Founder & CEO Aset ID, Founder & CEO PT Samania Mulia Abadi, Asian Development Bank Consultant, dan masih banyak yang lainnya. Materi yang disampaikan oleh beliau ini sangat keren dan bermanfaat, karena beliau memaparkan materi dengan pandangan sebagai HRD atau bagian recruitment dalam perusahaan, disampaikan juga oleh beliau bahwa beliau sudah beberapa kali menangani untuk menjadi bagian recruitment mahasiswa magang di sebuah perusahaan, dengan hal ini sudah pasti pengetahuan dan pengalaman yang beliau bagikan akan sangat relate dan bermanfaat bagi peserta webinar.

Day Two: Pemaparan Materi Day Two

Di hari kedua, acara langsung berlanjut dengan penyampaian materi – materi yang dimulai pada pukul 08.00 WIB oleh pemateri keren, bahkan ini akan sangat relate dengan peserta karena pemateri pada Day Two merupakan mahasiswa Bisnis Digital angkatan 2022 yang sudah lolos magang pada tahun kemarin, dengan background lolos magang yang berbeda – beda, diharapkan peserta webinar akan mendapatkan semakin banyak pengetahuan dan pengalaman dalam acara webinar ini.

Pemaparan Materi Pertama – Program MBKM Secara General & Kampus Mengajar

Pemateri pertama pada Day Two ini sangat keren karena selain berhasil lolos pada program Kampus Mengajar Batch 7 di SMP Antartika Surabaya sebagai Group Leader, kakak tingkat kita ini merupakan ketua dari Digital Business Club (DBC) tahun 2023  yang merupakan sebuah organisasi sebelum menjadi Himpunan Mahasiswa Prodi Bisnis Digital  (HMPBD) seperti saat ini, Digipel sudah pasti tahu siapa pemateri pertama kita ini, kak Adilah Asma Amanina. Selain lolos pada program Kampus Mengajar Batch 7, beliau juga pernah magang pada Pusat Data Analisis Tempo, PT Tempo Inti Media, dan yang lainnya.

Materi yang disampaikan oleh beliau sangat bermanfaat karena membahas Program MBKM secara general jadi peserta pasti akan lebih mengerti dan paham apa itu Program MBKM sebelum masuk ke pembahasan detail untuk setiap program magang yang ada didalam program MBKM. Kampus Mengajar yang dibahas cukup detail oleh kak Adilah juga cukup diminati oleh beberapa peserta, jadi materi ini akan sangat bermanfaat bagi peserta webinar persiapan magang kali ini.

Pemaparan Materi Kedua – MSIB Studi Independen

Materi kedua ini disampaikan oleh kak Silvika Rina Fatin Serzya yang lolos pada MSIB Batch 6 Studi Independen – PT Otak Kanan sebagai Digital Marketing, Selain itu beliau juga pernah magang di PT Telkom, Level Up By Amoeba sebagai Staff Business Development, dan Gang Darmo Suite Hotel sebagai Admin F&B Service. Dengan pengalaman tersebut pasti beliau sudah mengetahui apa saja hal – hal yang perlu disiapkan agar lolos pada magang yang kita inginkan, khususnya MSIB Studi Independen yang dinantikan para peserta, dan memang benar materi yang disampaikan pada webinar tersebut sangat informatif, menarik, serta mudah dipahami.

Pemaparan Materi Ketiga – MSIB Magang & Magang Mandiri

Pada materi terakhir ini disampaikan oleh kak Abyan Su’udi, merupakan mahasiswa angkatan 2022 juga yang lolos pada MSIB Magang Batch 5 di PT Otak Kanan sebagai Videografer, selain itu beliau juga pernah magang di CV Ainda Magnifa Gloria, Surabaya sebagai Broadcast Director, dan Atakha Production, Sidoarjo sebagai Director of Photography. Materi yang ditunggu – tunggu oleh para peserta yaitu mengenai Magang MSIB dan Magang Mandiri ini, Sebagian besar peserta webinar memiliki minat yang cukup tinggi pada magang ini. Lalu mengapa MSIB Magang dan Magang Mandiri menjadi satu pembahasan, karena nanti output dari MSIB Magang dan Magang Mandiri ini hampir sama, hanya proses awalnya saja yang berbeda, tapi tetap kak Abyan juga menjelaskan perbedaan dan bagaimana cara – cara untuk lolos pada kedua magang tersebut.

Sharing Session – Bersama Pemateri Day 2

Sebelum Webinar ini berlangsung, kami sempat melakukan survei kepada angkatan 2022 mengenai magang, dan kami telah memiliki data dari mahasiswa angkatan 2022 yang kami olah untuk dijadikan materi serta pertanyaan pada sesi Sharing Session ini. Pada sesi ini seluruh pemateri Day 2 akan menjawab pertanyaan – pertanyaan dari Digipel berdasarkan hasil survei yang sudah kami olah. Banyak pertanyaan yang diajukan kepada pemateri dan pertanyaan itu akan sangat relate dengan para peserta karena itu merupakan hasil dari pertanyaan peserta yang sudah diesuaikan dengan kebutuhan dan disampaikan kepada pemateri agar terjawab serta menjadi solusi bagi peserta yang masih bingung mengenai magang.

Rewarding

Rewarding ini diberikan kepada peserta yang aktif selama webinar ini berlangsung, karena sudah berpartisipasi dengan baik seperti rajin on camera dan sering  mengajukan pertanyaan kepada pemateri. Kami sangat mengapresiasi peserta yang mengikuti rangkaian acara pada hari pertama sampai hari kedua dengan baik, dengan keaktifan tersebut menunjukkan bahwa webinar ini sangat penting dan diminati oleh para peserta webinar.

Webinar ini juga bukan hanya sekadar acara edukasi, tetapi juga merupakan kesempatan bagi mahasiswa Bisnis Digital untuk mempersiapkan diri mereka dalam menjelang magang. Dengan mengetahui bagaimana cara memanfaatkan potensi LinkedIn dan menyusun CV yang efektif, serta paham Tips & Tricks Lolos Program MBKM mahasiswa dapat meningkatkan peluang mereka untuk lolos seleksi magang dan mengimplementasikan ilmu yang telah mereka peroleh dalam perkuliahan sebelumnya.

Dengan demikian, webinar ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang baik bagi mahasiswa Bisnis Digital dalam meraih kesuksesan di masa depan.

Credit To

Penulis : Nur Aini Fadillah

Penyunting : Firmansyah Pratama Fauzi

Diunggah oleh : Rizal Akbar

Surabaya, 2 Juni 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *